Minggu, September 29, 2013

SMS dari Nur Abdillah Purworeho, salat di sajadah



ass... syeh minggu yg lalu kami bc sbuah hdist riwayat abu dawud,dll. hdist sy
 kutip dr buku tuntunan sholat krya syeh Albani,hadistnya intinya brbunyi,suatu 
hari Rosululloh menjnguk orang sakit,ktika itu dia(yg sakit sng sholat diatas 
bantal,kmudian oleh nabi bantal di ambil dan di lmparkannya,lalu orang itu
 mngambil papan,lalu oleh nabi papan di ambil dan di lmparkan,stlh itu nabi
 brsabda,sholatlah kmu diatas tanah smampu kmu,bila tdk mampu bersiyaratlah
/sholt dng duduk dst ...kmudian hadst td kmi  sbarkan namun dr jamaah sbelah
 tdk trima dan berujung plarangngan berhubungan dng kt krn mnganggp sudah
 ssat bhkan mngkin sampai di kfirkan.bgmn tindakan kami apa myalahi aturan
 syeh?.  


Saya jawab:
wss mereka sdh  nolak  dalilyg di sahihkan oleh  al bani. sikapmu. jalnkan
  ayt  al  an' am  112

Komentarku ( Mahrus ali): 
Maksud jamaah sebelah atau jamaah salafy yang menolak  hadis  sahih tadi, Mestinya  mereka berterima kasih karena diberi tahu kebenaran agar terhindar dari kesalahan yang membudaya. Tapi malah melarang jamaahnya untuk berhubungan dengan pemberi tahu hadis sahih, bahkan dituduh  sesat dan tidak mengakui kesalahan dirinya , malah menyesatkan.
Prilaku sedemikian ini sangat berbahaya kepada diri dan masarakat, bukan menyelamatkan mereka. Kalau sekedar pendapat orang, boleh diterima juga boleh di tolak. Tapi kalau hadis Nabi SAW yang sahih, malah di tolak dan tidak diterima dengan baik sama dengan mendustakan kepada rasul dan membenarkan setan dirinya . Ini mirip sekali dengan ayat:
مَنْ أَظْلَمُ مِمَّنِ افْتَرَىٰ عَلَى اللَّهِ كَذِبًا أَوْ كَذَّبَ بِالْحَقِّ لَمَّا جَاءَهُ ۚ أَلَيْسَ فِي جَهَنَّمَ مَثْوًى لِّلْكَافِرِينَ
Dan siapakah yang lebih zalim daripada orang-orang yang mengada-adakan kedustaan terhadap Allah atau mendustakan yang hak tatkala yang hak itu datang kepadanya? Bukankah dalam neraka Jahannam itu ada tempat bagi orang-orang yang kafir? Al ankabut 68.

Hadis tadi menunjukkan perintah Rasulullah SAW kepada si sakit tadi untuk sujud di tanah. Dan larangan  sujud ke sajadah, tikar, bantal atau kramik  Arabnya sbb:
السلسلة الصحيحة - (ج 1 / ص 322)

أخرجه الطبراني في " المعجم الكبير " ( 3 / 189 / 2 ) : حدثنا عبد الله بن أحمد
بن حنبل : حدثني شباب العصفري أنبأنا سهل أبو عتاب أنبأنا حفص بن سليمان عن قيس
بن مسلم عن طارق بن شهاب عن ابن عمر قال :
" عاد رسول الله صلى الله عليه وسلم رجلا من أصحابه مريضا ، و أنا معه ، فدخل عليه ، و هو يصلي على عود ، فوضع جبهته على العود ، فأومأ إليه فطرح العود ،
و أخذ وسادة فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم ... " فذكره .
قلت : و هذا إسناد صحيح رجاله كلهم ثقات
Hadis  riwayat Thabrani itu di sahihkan oleh al bani dalam kitab silsilah sahihah  1/322.
Imam Syafii berkata:
ولو ْ سَجَدَ على رَأْسِهِ ولم يُمِسَّ شيئا من جَبْهَتِهِ الْأَرْضَ لم يَجْزِهِ السُّجُودُ وَإِنْ سَجَدَ على رَأْسِهِ فَمَاسَّ شيئا من جَبْهَتِهِ الْأَرْضَ أَجْزَأَهُ السُّجُودُ إنْ شَاءَ اللَّهُ تَعَالَى
“Apabila seseorang sujud dan dahinya sama sekali tidak menyentuh tanah, maka sujudnya dianggap tidak sah. Tetapi jika seseorang sujud dan bagian dahinya menyentuh tanah (al-ardh), maka sujudnya dianggap cukup dan sah, insya Allah Taala.” (Al-Umm, 1/114)
Itulah perkataan Imam Syafii yang menyatakan tidak sah sujud kecuali ke tanah. Kalau  saya, bukan  saja dahinya yang ke tanah. Tapi jalankan salat di tanah bukan di karpet dan bukan sebagaimana  kalangan Syi`ah yang sujud di tanah  yang sudah di panaskan seperti genteng.
Mau nanya hubungi kami:
088803080803.( Smart freand) 081935056529 ( XL )

Dengarkan pengajian - pengajianku

Alamat rumah: Tambak sumur 36 RT 1 RW1 Waru Sidoarjo. Jatim.




Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan